cover
Contact Name
Muhammad Hambal Shafwan
Contact Email
studiareligia@pps.um-surabaya.ac.id
Phone
+6281335937424
Journal Mail Official
studiareligia@pps.um-surabaya.ac.id
Editorial Address
Pascasarjana Gedung Attauhid lt 3 Universitas Muhammadiyah Surabaya Sutorejo number 59 Surabaya, East Java, Indonesia 60113
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Studia Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
ISSN : 25982834     EISSN : 26148196     DOI : http://dx.doi.org/10.30651/sr.v7i1
Jurnal ini mempublikasikan artikel konsep pembelajaran dan luaran pembelajaran dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini diantaranya: Bahan pendidikan Agama Islam Edukator dan siswa Metode pembelajaran Kurikulum Politik Edukasi Filosofi pendidikan Pendidikan sejarah Islam
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2022): Desember 2022" : 15 Documents clear
PEMBELAJARAN PERAWATAN JENAZAH BERBASIS VIDEO DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SUMBERPUCUNG Umar Faruq Mauludi Sya’bana
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v6i2.14682

Abstract

Every living being will taste death, including humans. People who have died are called corpses. In Islam, the body of a Muslim has the right and obligation to be treated according to the guidelines of the Qur'an and hadith. The purpose of this study was to describe the steps of learning video-based corpse care at Muhammadiyah Senior High School 2 Sumberpucung and the learning outcomes. This research approach uses qualitative with case study research type, and this research takes place at Muhammadiyah Senior High School 2 Sumberpucung. The informants are Islamic Religious Education teachers with 6 students in class XI. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The analysis technique uses the theory of Miles and Huberman with the steps of data reduction, presentation and conclusion. The results of this study indicate (1) Islamic Religious Education teachers in teaching and learning activities provide material for treating corpses using power point and then strengthening them again by using videos of corpse care practices according to the sequence and stages. (2) knowing the learning outcomes of corpse care with practice. This helps students in practicing corpse care materials correctly according to the guidelines. As for the problems that occur, there are students who do not understand the sequence and stages of body care due to not paying attention to the video of corpse care practices.Keywords: Learning, funeral care, Video Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan merasakan meninggal, termasuk manusia. Manusia yang sudah meninggal disebut jenazah. Dalam Islam, jenazah seorang muslim mendapatkan hak dan kewajiban untuk dirawat sesuai pedoman Al-Qur’an dan hadits. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran perawatan jenazah berbasis video di SMA Muhammadiyah 2 Sumberpucung dan hasil pembelajarannya.  Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dan penelitian ini bertempat di SMA Muhammadiyah 2 Sumberpucung. Informan yaitu guru PAI dengan 6 siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan teori Miles dan Huberman dengan langkah-langkahnya reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) guru PAI dalam kegiatan belajar mengajar memberikan materi perawatan jenazah menggunakan PPT kemudian dikuatkan lagi dengan menggunakan video praktik perawatan jenazah sesuai urutan dan tahapannya. (2) mengetahui hasil pembelajaran perawatan jenazah dengan praktik. Hal tersebut membantu siswa dalam  mempraktikkan materi perawatan jenazah dengan benar sesuai dengan pedoman. Adapun masalah yang terjadi siswa ada yang kurang mengerti urutan dan tahapan perawatan jenazah dikarenakan kurang memperhatikan video praktik perawatan jenazah.Kata Kunci: Pembelajaran, Perawatan Jenazah, Video.
PENGARUH PROGRAM BILINGUAL DALAM MENINGKATAN PRESTASI BAHASA SANTRI DI PONDOK PESANTREN.MAMBAUL ULUM BATA-BATA PANAAN PALENGAAN PAMEKASAN Moh Mujib; Abd Majid
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v6i2.14623

Abstract

The bilingual program is a structural design, design with the aim of making it easier to learn two languages, namely Arabic and English. Therefore, as educators and teachers in carrying out their duties and functions, they must have teacher competencies and standards. This research aims; First, to describe the bilingual program in improving students' language achievement at the Bata-Bata bilingual center. Secondly, to find out and describe the effect of the bilingual program in improving the language achievement of students at the Bata-Bata bilingual center. This research method is quantitative with a population of 50 students and a sample of 50 students taken using a layered sampling technique (Stratified Random Sampling). Methods of data collection in the form of questionnaires, interviews, observations, and documentation. The data analysis used simple regression analysis. The results of this study show 1). The bilingual program in improving language achievement is in the sufficient category. This is evidenced by the largest percentage of 64% for the bilingual program and 60% for the achievement of students. These findings are then supported by observation data and interviews conducted by the author. 2). There is a positive and significant influence between bilingual programs in improving the language achievement of students at Bata-Bata bilingual center of Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Boarding School, Palengaan, Pamekasan while the magnitude of the influence is 23.1%, the remaining 76.9% is influenced by other factors.Keywords: Influence of Bilingual Program, Student's Language Achievement. Program bilingual  suatu rancangan struktur, desain, dengan tujuan mempermudah untuk belajar dua bahasa yaitu bahasa arab dan bahasa ingris, Oleh karena itu sebagai tenaga pendidik dan guru dalam menjalankan tugas dan fungsinya harus memiliki kompetensi dan standar guru.Penelitian ini bertujian; Pertama, untuk mendeskripsikan progam bilingual dalam meningkatkan prestasi Bahasa santri di Bata-Bata bilingual centre Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan, Palengaan, Pamekasan. Dan yang kedua, untuk mengetahui dan mendiskripsikan Pengaruh progam bilingual dalam meningkatkan prestasi Bahasa santri di Bata-Bata bilingual centre Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan, Palengaan, Pamekasan Metode penelitian ini bersifat kuantitatif  dengan Populasi sebanyak  50 siswa dan sampel sebanyak 50 siswa yang diambil menggunakan teknik penarikan sampel terlapis (Stratified Random Sampling). Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisi regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan 1). Progam bilingaul dalam meningkatkan prestasi bahasa berada dalam kategori cukup, Hal ini debuktikan dengan persentase terbesar 64% untuk progam bilingaul  dan 60% prestasi santri. Hasil temuan ini kemudian didukung oleh data observasi dan interview yang dilakukan penulis. 2). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara progam bilingual dalam meningkatkan prestasi bahasa santri di Bata-Bata bilingual centre Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan, Palengaan, Pamekasan adapun besarnya pengaruh tersebut sebesar 23,1%, sisanya 76,9% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci : Pengaruh Program Bilingual, Prestasi bahasa Santri
PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH: GAMBARAN UMUM PROSES DAN DAMPAKNYA DALAM BELAJAR Ahmad Bukhori Susanto
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v6i2.14676

Abstract

This article describes the general  process of  Problem-Based Learning (PBL) and researches investigating its productiveness. We also analyze several empirical and scientific studies that have overlooked the PBL process and the impact of its numerous components on student learning. This research is a qualitative research with a type of literature study. The results of this study explain that academic works collating the comparative efficacy of PBL are overall constant in giving a demonstration of advantages for long-term knowledge recognition and its application. Nevertheless, researches on the PBL procedure have not been able to summarize which element(s) of PBL most affect student learning, whereas causal studies suggest that all steps in PBL influence the results of student learning. It is suggested that all stages are necessary.Keywords: Problem-based learning; Processes of learning; Group collaboration;  Effectiveness of learning; Self-directed learning Dalam ulasan ini, kami memberikan gambaran umum tentang proses pembelajaran berbasis masalah (PBL: Problem-Based Learning) dan studi yang meneliti efektivitas PBL. Kami juga membahas sejumlah studi naturalistik dan empiris yang telah meneliti proses PBL dan bagaimana berbagai komponennya memengaruhi pembelajaran siswa. Penilitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi pustaka. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa studi yang membandingkan efektivitas PBL umumnya relatif konsisten dalam membuktikan keunggulannya untuk retensi pengetahuan jangka panjang dan dalam penerapan pengetahuan. Studi tentang proses PBL, bagaimanapun, masih belum dapat menyimpulkan komponen mana dari PBL yang paling signifikan berdampak pada pembelajaran siswa, meskipun studi kausal telah menunjukkan bahwa semua fase PBL diperlukan dalam memengaruhi  hasil belajar siswa.Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah; Proses belajar; Kolaborasi kelompok;  Efektivitas belajar; Belajar mandiri.
KETERAMPILAN METAKOGNITIF DITINJAU DARI PERSPEKTIF TAKSONOMI BLOOM EDISI REVISI DALAM PEMBELAJARAN PAI Ilham Putri Handayani; Deni Irawan
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v6i2.13038

Abstract

The reality that occurs in the field, there are still many learning processes  including PAI learning that have not accommodated and empowered metacognitive skills, and are the still focused only on cognitive abilities. Even thought metacognition is very necessary in obtaining academic results and having good moral character because metacognition places great emphasis on self-awareness of cognitive thoughts which can then be applied in behavior. The study aims to examine metacognitive skills form the perspective of the revised edition of Bloom’s Taxonomy in PAI learning. The research is library research with the main reference sources used are research articles that are relevant to the themes studied and in collecting research data using the calm why documentation method in analyzing data using content analysis techniques. The result of this study indicate that metacognitive skills that can be applied are in accordance with the ideas of Anderson dan Kratwohl in the revised edition of  Bloom’s Taxonomy, namely: 1) strategic knowledge where students can use various strategies in studying PAI, especially difficult and rote material. 2) knowledge of cognitive tasks where students can complete cognitive tasks and can practice appropriate strategies when learning PAI. 3) Self knowledge, students can learn to know the extent of their abilities in learning PAI. In addition, students can also understand the goals and motivations. They carry out other tasks given by the teacher.Keyword: Metacognitive Skill, Bloom’s Taxonomy Revised, PAI Realita yang terjadi di lapangan, masih banyak proses pembelajaran  termasuk pembelajaran PAI yang belum mengakomodasikan serta memberdayakan keterampilan metakognitif, serta masih terfokus hanya sampai pada kemampuan kognitif saja. Padahal metakognitif sangat diperlukan dalam memperoleh hasil akademik dan akhlak moral yang baik karena metakognitif sangat menekankan pada kesadaran diri akan pemikiran kognitifnya yang kemudian  dapat teraplikasikan dalam perilakunya, hal ini relevan dengan tujuan PAI yaitu membentuk karakter dan kepribadian manusia yang beriman dan bertakwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang keterampilan metakognitif ditinjau dari perspektif taksonomi Bloom Edisi Revisi dalam Pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan sumber referensi utama yang digunakan adalah penelitian artikel yang sesuai dengan tema yang diteliti dan dalam mengumpulkan data peneliti mempergunakan metode dokumentasi, sedangkan dalam menganalisis data mempergunakan teknik analisis isi. Penelitian ini menunjukkan hasil, bahwasannya keterampilan metakognitif yang dapat diterapkan sesuai dengan gagasan Anderson dan Krathwol dalam taksonomi Bloom edisi revisi yaitu: 1)  pengetahuan strategis di mana peserta didik dapat mempergunakan bermacam-macam strategi dalam mempelajari PAI terutama materi yang sulit dan bersifat hafalan. 2) pengetahuan tentang tugas kognitif di mana peserta didik dapat menyelesaikan tugas-tugas kognitif dan bisa mempergunakan strategi yang tepat ketika belajar PAI. 3) pengetahuan diri, peserta didik dapat belajar mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimilikinya dalam belajar PAI. Selain itu peserta didik juga dapat memahami tujuan serta motivasi mereka melaksanakan tugas-tugas PAI yang telah diberikan.Kata Kunci: Edisi Revisi, Keterampilan Metakognitif, PAI, Taksonomi Bloom 
PEMBELAJARAN KITAB SARQOWI DALAM MEMEBENTUK AQIDAH AHLU SUNNAH WAL JAMAAH TERHADAP PESERTA DIDIK DI MA AL-INAYAH KOTA CILEGON Fatu rohman; Rome lah
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v6i2.14683

Abstract

This study aims to describe the implementation and supporting factors of the role of sarqowi learning in shaping the aqidah of ahlu sunnah wal congregation to improve the civic disposition of students at MA Al-Inayah Cilegon. The method used is a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques using case studies. Sources of data include person (people), consisting of the principal, the Sarqowi book mapel teacher, religious teacher, and students. Data were collected by means of observation (participant observation & passive participant), interviews and decommentation. The research place is at MA Al-Inayah Cilegon, the results obtained show 1. Implementation of learning the book of Sarqowi at MA Al - Inayah Not yet fully following the syntax of learning the book of Sarqowi 2. Factors that support the achievement of learning the sarqowi scriptures are the full support of the principal, teachers of the Sarqowi book of subjects and religious teachers at the school.Keywords: Learning , Sarqowi book, Aqidah ahlu sunnah wal jamaah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan faktor  pendukung  peran pembelajaran sarqowi dalam membentuk akidah ahlu sunnah wal  jamaah untuk meningkatkan civic disposition siswa/i di MA Al-Inayah Cilegon. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan study kasus. Sumber data meliputi person (orang), terdiri dari  Kepala sekolah, Guru mapel kitab Sarqowi, Guru agama, Siswa/Siswi. Data dikumpulkan dengan teknik observasi (participant observation & passive partisipant), wawancara dan dekomentasi. Tempat penelitian di MA Al-Inayah Cilegon,  Hasil yang didapat menunjukkan 1. Implementasi pembelajaran kitab Sarqowi di MA Al – Inayah Belum sepenuhnya mengikuti pemahaman pembelajaran kitab sarqowi 2. Faktor pendukung tercapainya pembelajaran kitab sarqowi adalah dukungan penuh dari Kepala sekolah, Guru mapel kitab Sarqowi dan guru-guru agama di sekolah tersebut.Kata kunci:  pembelajaran, Kitab sarqowi, Akidah ahlu sunnah waljamaah
ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM TAHFIDZ METODE TAJDIED DI MI MUHAMMADIYAH 21 KAPAS BOJONEGORO Muhammad Yusron; Muhammad Tamyiz
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v6i2.14624

Abstract

This research was conducted due to the background of improving the quality of madrasah education that must be accompanied by the quality of its religion which remains superior. The school must be able to answer these challenges with a quality tahfidz program for graduates. In learning requires the development of content and context. The problem formulation of this thesis is First, how to use the tahfidz program strategy with the tajdied method, Second, how to improve the quality of education, Third, what are the supporting and inhibiting factors in improving the quality of education through the tahfidz program with the tajdied method at MI Muhammadiyah 21 Kapas Bojonegoro. This research was conducted with a descriptive qualitative approach. Data collection techniques using interviews, participant observation and documentation. Data analysis consists of data reduction, data presentation and drawing conclusions. Checking the validity of the data is done through extension of participation, persistence of observation, triangulation, and peer examination. The results of the study concluded that (1) improving the quality of education through planning, selection, modification of the local curriculum, the learning process up to evaluation, (2) learning strategies that are often used are classical reading and listening, (3) the learning techniques used are singing and storytelling techniques for the introduction of keywords and clapping techniques to distinguish long and short mad readings (4) evaluations are carried out continuously at the end of each lesson, the results are written in the students’ achievement book and in the teacher's daily journal.Keywords: education, quality improvement, tajdied method. Penelitian ini dilakukan kerena dilatar belakangi peningkatan mutu pendidikan madrasah harus dibarengi dengan mutu agamanya tetap unggul. Pihak sekolah harus bisa menjawab tantangan tersebut dengan program tahfidz yang bermutu bagi lulusan. Dalam pembelajarannya membutuhkan pengembangan konten maupun konteksnya. Rumusan masalah dari tesis ini adalah Pertama, bagaimana penggunaan strategi program tahfidz metode tajdied, Kedua, bagaimana peningkatan mutu pendidikan, Ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan mutu pendidikan melalui program tahfidz metode tajdied di MI Muhammadiyah 21 Kapas Bojonegoro. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa (1) peningkatan mutu pendidikan melalui perencanaan, seleksi, modifikasi kurikulum lokal, proses pembelajaran hingga evaluasi, (2) strategi pembelajaran yang sering digunakan adalah baca simak klasikal, (3) teknik pembelajaran yang digunakan adalah teknik bernyanyi dan cerita untuk pengenalan kata kunci dan teknik tepuk untuk membedakan panjang dan pendek bacaan mad (4) evaluasi dilaksanakan terus menerus setiap akhir pembelajaran, hasilnya ditulis pada buku prestasi peserta didik dan pada jurnal harian guru.Kata Kunci: pendidikan, peningkatan mutu, metode tajdied
EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA SMP MAMBAUL ULUM BATA-BATA KABUPATEN PAMEKASAN Ahmad Rifqi; Has bullah
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v6i2.14678

Abstract

This research was conducted because of the background of the problems that occur in society today, ranging from violence, corruption, robbery, especially in terms of moral crises. It made many parties highlight the role of education, meaning that the events in society cannot be separated from the role of education. The formulation of the problems that were First, how is the Islamic Boarding School -based curriculum in SMP Mambaul Ulum Bata-Bata, Pamekasan Regency, Second, how is the psychomotor ability of students in SMP Mambaul Ulum Bata-Bata, Pamekasan Regency, Third, how is the effectiveness of the pesantren-based curriculum in improving the psychomotor abilities of students in SMP Mambaul Ulum Bata-Bata, Pamekasan Regency. This type of researcher was a field researcher who collected primary data through interviews from the principal, teachers of Mambaul Ulum Bata-Bata Junior High School, Pamekasan Regency, and students of Mambaul Ulum Bata-Bata Junior High School, Pamekasan Regency, while Skunder data can be obtained from the regular lieteratur and documents in SMP Mambaul Ulum Bata-Bata, Pamekasan Regency, after all the data was collected, it was continued to be quantitatively analyzed and described in a discriminatory form. Based on data showing 0.641, it meant that the ability of Islamic Boarding School-based curriculum can simultaneously had an influence on students’psychomotor abilities of 0.641 and the remaining 0.359 was influenced by independent variables that were not studied such as example, bearing, self-awareness and so on.Keywords: Effectiveness, Curriculum, Psychomotor. Penelitian ini dilakukan kerena dilatar belakangi masalah yang terjadi masyarakat saat ini, mulai dari kekerasan, korupsi, perampokan, khususnya dalam hal krisis akhlak, hal ini membuat banyak pihak menyoroti peran pendidikan, artinya kejadian yang dimasyarakat tidak lepas dari pada peran pendidikan. Rumusan masalah dari tesis ini adalah Pertama, bagaimana kurikulum berbasis pesantren di SMP Mambaul Ulum Bata-Bata Kabupaten Pamekasan, Kedua, Bagaimana kemampuan psikomotorik siswa SMP Mambaul Ulum Bata-Bata Kabupaten Pamekasan, Ketiga, Bagaimana efektifitas kurikulum berbasis pesantren dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa SMP Mambaul Ulum Bata-Bata Kabupaten Pamekasan. Jenis penelitia ini adalah penelitia lapangan yang menghimpun data primer melaului wawancara dari pihak kepala sekolah, Guru SMP Mambaul Ulum Bata-Bata Kabupaten Pamekasan, dan siswa SMP Mambaul Ulum Bata-Bata Kabupaten Pamekasan, adapun data Skunder di dapat dari lieteratur dan dokumen SMP Mambaul Ulum Bata-Bata Kabupaten Pamekasan, setelah semua data terkumpul di lanjut analisis secara kuantitatif dan diuraikan dalam bentuk diskriptif. Berdasarkan data yang menunjukkan 0,641, artinya bahwa kemampuan kurikulum berbasis pesantren secara simultan dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan psikomotorik siswa sebesar 0,641 dan sisanya yaitu 0,359 dipengaruhi oleh variabel-variabel independen yang tidak diteliti seperti teladan, pembawaan, kesadaran diri dan sebagainya.Kata Kunci: Efektifitas, Kurikulum, Psikomotorik
ANALISIS PERSEPSI WARGA MUHAMMADIYAH PADA KONSEP IMAN KEPADA ALLAH DAN APLIKASINYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI Nurul Yaqin
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v6i2.14620

Abstract

The focus of this research is to analyze the concept of faith in Allah in HPT as the basis for the perception of Muhammadiyah residents in Sugihan-Solokuro-Lamongan village on the concept of Faith in Allah and its application in daily life. This research use desciptive qualitative approach. The informants of this research were the head of the branch, the head of the da'wah section, and two members of Muahammadiyah Sugihan. Data was collected using interview, observation, documentation and literature study techniques. The results of the study show that the perception of Muhammadiyah residents Sugihan on the concept of Faith in God follows HPT, namely that Allah is the only Rabb; creator, sustainer and ruler of this universe. He is al-Ihah al-Haq who has the right to be worshiped, there is no true worship except Him. He has a name and character as stated in the Qur'an and al-Hadith al- maqbullah. Determination of the name and nature of Allah based on the Qur'an and al- hadith, without ta'wil / tahrif and tafwidh and without asking the question "how" / without specifying a particular form and without equating it with what is in creatures. The understanding of Muhammadiyah residents in this matter essentially matches the understanding of Ibn Taimiyah, Ibn Qaiyyim, Abdurrahman al-Sa'dy and Muhammad bin Salih al-Uthaimin, and differs from the philosopher scholars and the scholars of kalam. Its application in the heart, mouth and limbs, in all aspects of life both related to hablumminallah and hablumminannas.Keywords: Muhammadiyah Sugihan, concept of Faith in Allah, application Fokus penelitian ini adalah menganalisis konsep iman kepada Allah dalam HPT sebagai landasan persepsi warga Muhammadiyah desa Sugihan-Solokuro-Lamongan pada konsep Iman kepada Allah dan aplikasinya dalam kehidupan sehar-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah pimpinan ranting, ketua bagian dakwah, dan dua orang anggota Muahammadiyah Sugihan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan study kepustakaan. Hasil penelitian bahwa persepsi warga Muhammadiyah Sugihan pada konsep Iman kepada Allah mengikut HPT yaitu Allah itu adalah Rabb satu-satunya; pencipta, pemelihara dan pengatur alam raya ini. Dia adalah al- Ihah al-Haq yang berhaq diibadahi tidak ada sembahan yang benar kecuali Dia. Dia memiliki nama dan sifat sebagaimana telah ditetapkan dalam al-Qur'an dan’al-Hadith al- maqbulah. Penetapan nama dan sifat Allah berdasarkan al-Qur’an dan al-hadith, Tanpa ta’wil/tahrif dan tafwidh serta tanpa menanyakan dengan pertanyaan “bagaimana”/tanpa menentukan bentuknya secara tertentu dan tanpa menyamakannya dengan apa yang ada pada makhluk. Pemahaman warga Muhammadiyah dalam hal ini esensinya mencocoki pemahaman Ibnu Taimiyah, Ibnu Qaiyyim, Abdurrahman al-Sa’dy dan Muhammad bin Shalih al-Uthaimin, serta berbeda dengan ulama ahli filsafat dan ulama ahli kalam. Aplikasinya di hati, lisan dan anggota badan, dalam segala aspek kehidupan baik terkait dengan hablumminallah maupun hablumminannas.Kata kunci: Muhammadiyah Sugihan, konsep Iman kepada Allah, aplikasi
ANALISIS STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMP SITI AMINAH SURABAYA Agus Syairi; Imron Baihaqi
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v6i2.14672

Abstract

Islamic religious education carried out at SMP Siti Aminah Surabaya is required to always instill multicultural values between religious communities in order to create conducive school conditions, so that the main learning objectives will be achieved. Through PAI learning and intra-curricular learning. This research is a qualitative research, taking the research location at SMP Siti Aminah Surabaya. Data collection is done by means of observation, interviews and documentation, and using data analysis which will be carried out by giving meaning to the data that has been collected and from that meaning a conclusion can be drawn. The focus of this research is as follows: (1) how multicultural values are instilled in SMP Siti Aminah Surabaya through PAI (2) what is the teacher's strategy in instilling multicultural values through PAI. The results of this study are: 1. The condition of the school community at SMP Siti Aminah Surabaya is quite diverse. The existence of various ethnicities, religions, social status and different ways of thinking in an educational institution. 2. Appropriate multicultural values have been applied by Islamic religious education teachers in school institutions. 3. The strategy of Islamic religious education teachers in instilling multicultural values that are in accordance with the aims and objectives of multicultural education. This is based on teaching and learning activities that have been identified that teachers generally have implemented using the PAKEM model strategy. In addition, the social interaction between teachers and staff runs well and tolerantly in this school institution.Keywords : PAI Teacher Strategy, Instilling Multicultural Values Pendidikan agama Islam yang dilaksanakan di SMP Siti Aminah Surabaya dituntut untuk selalu menanamkan nilai-nilai multikultural antara umat beragama dalam rangka mewujudkan kondisi sekolah yang kondusif, sehingga tujuan pembelajaran yang utama akan tercapai. Melalui pembelajaran PAI dan pembelajaran secara intrakurikuler. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SMP Siti Aminah Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, dan menggunakan analisis data yang akan dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah bisa ditarik suatu kesimpulan. Yang menjadi fokus penelitian ini sebagai berikut: (1) bagaimana nilai-nilai multikultural yang ditanamkan di SMP Siti Aminah Surabaya melalui PAI (2) bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai multikultural melalui PAI. Hasil penelitian ini yakni: 1. Kondisi warga sekolah di SMP Siti Aminah Surabaya cukup beragam. Adanya bermacam-macam etnis, agama, status sosial dan cara berpikir yang berbeda-beda pada sebuah lembaga pendidikan. 2. Nilai-nilai multikultural yang tepat telah diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam pada lembaga sekolah. 3. Strategi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural yang telah sesuai dengan maksud dan tujuan pendidikan multikultural. Hal ini berdasarkan pada kegiatan-kegiatan belajar mengajar yang sudah ter identifikasi bahwa guru secara umum sudah menerapkannya dengan menggunakan strategi model PAKEM. Selain itu, interaksi sosialnya antara para guru dan staf berjalan dengan baik secara toleran dalam lembaga sekolah ini.Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Menanamkan Nilai-nilai Multikultural
PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN PEMBENTUKAN ADAB SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 4 LAMONGAN Ma'bad alfarisi; Jumrotul Lailil Umroh
Studia Religia : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Vol 6, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/sr.v6i2.14679

Abstract

This research was carried out because it was motivated by the progress of science and technology that was increasingly mature and caused various adjustments in human life, consisting of modifications in the social and moral order that were once highly valued, now seem to be eliminated. It is no longer only the influence that is felt among students but also makes them seem not to know their components so that the boundaries of being a student are ignored. The research problem of this thesis are: First, how is the influence of teacher professionalism on students’ learning achievement at SMA Muhammadiyah 4 Lamongan. Second, how is the influence of teacher professionalism on the formation of students’ etiquette at SMA Muhammadiyah 4 Lamongan. Third, how is the influence of teacher professionalism on learning achievement and the formation of students’ etiquette at SMA Muhammadiyah 4 Lamongan. The research method in this study uses quantitative research. Data collection techniques in this study used questionnaires, interviews, and documentation. The data analysis technique used simple linear regression with SPSS analysis tool. The results of the study concluded that with the significance value between X (Teacher's Professionalism) to Y1 (Learning Achievement) 25.6% and the X (Teacher's Professionalism) to Y2 (Adab Establishment) 33.2%, there was no significant effect of the influence of professional teachers. on learning achievement and the formation of students' etiquette at SMA Muhammadiyah 4 Lamongan.Keywords: Professional Teacher, Learning Achievement, Formation of Adab Penelitian ini dilakukan karena dilatar belakangi dengan adanya Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin matang dan menyebabkan berbagai penyesuaian dalam kehidupan manusia, terdiri dari modifikasi dalam tatanan sosial dan moral yang dulunya sangat dihargai, kini seolah-olah dihilangkan. Tidak lagi hanya pengaruh yang dirasakan di kalangan pelajar namun juga membuat mereka seolah-olah tidak mengetahui komponen dirinya sehingga batasan-batasan menjadi seorang pelajar terabaikan. Rumusan masalah dari penelitian tesis ini adalah: Pertama, Bagaimana Pengaruh Prosesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 4 Lamongan. Kedua, Bagaimana Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Pembentukan Adab siswa di SMA Muhammadiyah 4 Lamongan. Ketiga, Bagaimana Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Dan Pembentukan Adab Siswa di SMA Muhammadiyah 4 Lamongan. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier Sederhana dengan alat analisis SPSS. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa dengan nilai Signifikasi antara X (Profesionalisme guru terhadap Y1 (Prestasi Belajar) 25,6% dan nilai X (Prefesionalisme Guru) terhadap Y2 (Pembentukan Adab) 33,2 %, tidak ada pengaruh yang signifikan dari pengaruh guru profesional terhadap prestasi belajar dan pembentukan adab siswa di SMA Muhammadiyah 4 Lamongan.Kata Kunci : Guru Profesional, Prestasi Belajar, Pembentukan Adab

Page 1 of 2 | Total Record : 15